WA : 081392337969

Selasa, 02 Januari 2018

Dinamis komputer jogjatronik - Bagaimana Cara Reset BIOS Motherboard PC Komputer

Baterai BIOS

Cara Reset BIOS Motherboard Komputer ini merupakan salah satu langkah dasar yang seringkali dilakukan dalam proses perbaikan komputer. Meskipun saya yakin sebagian besar pembaca blog ini telah mengetahui cara mereset BIOS komputer yang benar, tetapi ga ada salahnya  saya tulis kembali dalam catatan kali ini. Meskipun terlihat simple, tetapi langkah mereset BIOS yang salah sanggup menjadikan BIOS atau komponen motherboard lainnya rusak, setidaknya itulah yang dulu pernah saya alami. 

Untuk langkah-langkah cara reset BIOS yang benar ini saya kutip dengan beberapa perubahan dari artikel Cara Reset BIOS 

  • Pastikan Komputer sudah tidak terhubung ke sumber listrik. Hal ini sanggup dilakukan dengan cara mencabut kobel power dari stop kontak dan juga mencabut kabel power supply (24-pin power cable) dari motherboard komputer.
  • Tunggu beberapa ketika untuk memastikan arus listrik telah hilang. Untuk mempercepat hilangnya (membuang) sisa arus listrik pada motherboard tersebut, kita sanggup menekan tombol power on komputer.
  • Cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS. Untuk jumper ini ada yang terdiri dari 3 pin dan 2 pin. Untuk meng-clear CMOS atau mereset BIOS, tekan tombol reset tersebut. Untuk yang tipe jumper 3 pin, pindahkan posisi jamper ke sisi lainnya sedangkan tipe jumper 2 pin, maka kita harus cari dulu jumper untuk menjumper kedua pin tersebut. 
  • Biarkan beberapa detik dalam posisi tersebut.
  • Setelah itu pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula untuk yang tipe 3 pin atau cabut jumper untuk tipe 2 pin. Masukan kembali kabel power supply motherboard. Pastikan semua terangkai dengan benar lalu barulah menghubungkan komputer ke listrik PLN. 
  • Nyalakan kembali komputer. Apabila reset BIOS berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula. Dan pada masalah kerusakan komputer tidak sanggup booting, sehabis BIOS di reset, biasanya komputer akan sanggup booting kembali.


Apabila reset BIOS tidak berhasil, lakukan kembali langkah 1-2, lalu cabut baterai BIOS dan lakukan kembali langkah 3-5.
Apabila berhasil juga, ulangi kembali langkah 1-2, cabut semua kabel power supply pada motherboard, lepas baterai BIOS dan Memory (RAM) Komputer. Ulangi langkah 3-5.
Langkah terakhir untuk mereset BIOS apabila cara diatas belum berhasil juga yakni kembali lakukan langkah 1-2, lalu lepas semua komponen pada motherboard yaitu Processor, RAM dan Card komplemen lainnya menyerupai VGA Card. 
Bersihkan kembali motherboard dari kotoran dan ulangi langkah 3, kali ini diamkan dulu selama 30 menit. Kemudian gres ulangi langkah 3-5.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Sumber https://kendarikomputer.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Jual baterai laptop di yogyakarta , lengkap, ramah, terpercaya

Jual baterai laptop di yogyakarta – kota yogyakarta, daerah istimewa yogyakarta, kabupaten sleman, tamsis kota, jogja, jogja tronik ...